Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Malang sukses menggelar Webinar Communication Science Fair (Cosfair) dengan tema “How to Build a Strong Brand”. Webinar ini diadakan pada Senin, 05 Juni 2023, dan berlangsung dengan sukses. Meski diadakan melalui platform virtual Zoom Meeting, peserta mendapatkan wawasan praktis dan berharga tentang bagaimana membangun sebuah brand menjadi kuat dari dua pembicara kompeten dalam bidangnya. Kegiatan ini dipandu langsung oleh moderator Masayu Syakira, mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Pembicara pertama, Cesya Rizkika Parahiyanti, S.E., M.BA., seorang Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Negeri Malang, membuka topik pertama dengan menjelaskan mengenai “How to Build a Strong Brand”. Dalam pemaparannya, beliau menggambarkan bahwa branding bukan hanya tentang logo atau simbol perusahaan, tetapi juga melibatkan citra yang tertanam dalam benak orang lain. Beliau juga menjelaskan bahwa personal branding dapat dibentuk melalui pendidikan, karir, kemampuan, dan berbagai aspek lain yang menjadikan seseorang berbeda.

Selanjutnya, dosen FEB UM ini menyoroti pentingnya strategi riset dalam membentuk branding yang kuat. Beliau menjelaskan bahwa pemahaman mendalam tentang konsumen dan kondisi pasar sangatlah penting dalam membentuk strategi branding yang tepat. Beliau juga menekankan bahwa dalam dunia bisnis, personal branding memiliki dampak yang signifikan pada daya jual suatu produk atau jasa. Semakin kuat suatu branding, semakin tinggi juga daya jualnya.

Pembicara kedua, Khairiyah Aprilianti, S.Pd, seorang Market Research Manager, dengan topik bahasan “Brand Image, Identity, and Activation”. Beliau menjelaskan bahwa dalam memasarkan brand di dunia bisnis, penempatan harus sesuai dengan kondisi pasar dan konsumen yang dituju. Beliau menyoroti pentingnya memahami target market dan membangun pesan kunci yang kuat.

Sebagai seorang Market Research Manager, beliau juga membahas empat strategi pemasaran yang perlu dianalisis untuk menjaga brand agar tetap relevan dan terhubung dengan konsumen yaitu produk, promosi, harga, dan tempat. Beliau juga menegaskan bahwa riset pasar adalah langkah penting dalam pembentukan branding yang sukses, karena hal ini membantu pemilik bisnis dalam mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, konsistensi dalam menggunakan pesan kunci dalam setiap kampanye dianggap sebagai kunci untuk meningkatkan daya ingat dan citra brand.

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Malang dengan antusiasme yang tinggi. Mereka terlibat dalam sesi tanya jawab yang interaktif, menggali lebih dalam tentang cara membangun brand yang kuat dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat.

Diharapkan, materi yang disampaikan dalam Webinar Communication Science Fair (Cosfair) ini dapat memberikan pemahaman terkait strategi dan konsep yang dibutuhkan untuk membangun brand yang kuat dalam dunia bisnis. Adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat membuka wawasan baru dan memotivasi peserta untuk lebih mendalami aspek penting dalam membangun brand yang menjadi kunci sukses dalam bisnis modern.