Mahasiswa Uniersitas Negeri Malang Program Studi Ilmu Komunikasi telah melaksanakan pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi mengenai budaya Malang, juga memberikan wadah untuk minat dan bakat Masyarakat terhadap budaya Jawa Timur terlebih budaya Malangan.

Semakin pesat perkembangan arus globalisasi dan teknologi juga berpengaruh terhadap pudarnya budaya di Masyarakat. oleh karena itu, dengan rasa kepedulian yang tinggi kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk kesadaran generasi muda untuk melestarikan budaya di Jawa Timur,

Dengan menyelenggarakan kegiatan “communication art festival” yang menyongsong tema generasi muda berproses dengan bangsa ini memiliki tujuan untuk menjaga keeksistensian budaya di malang dengan menggandeng padhepokan mangun dharma Tumpang.

Minggu, 26 November 2023, communication art festival terselenggarakan. masyarakat menyambut dengan antusias kegiatan ini. begitu pula, “ki sholeh adi promono” pengurus padhepokan seni mangun dharma yang ikut serta dalam menyukseskan kegiatan ini. 

Berbagai penampilan tari dan seni disuguhkan oleh penampil dari berbagai instansi yakni Padhepokan Seni Mangun Dharma, Sanggar Seni Mudra Ganesha Turen, SMAN 1 Tumpang, SDN 04 Tumpang yang mana usia penampil mulai dari usia 5 – 19 tahun.

Ki Sholeh Adi Pramono, pengurus Padhepokan Seni Mangun Dharma menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, beliau berharap dengan adanya kegiatan ini menjadikan pembuka bagi generasi muda unutk ikut serta dalam melestarikan kesenian dan budaya di jawa timur.

“saya ucapkan terima kasih kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Malang yang sudah berkenan menjadikan padhepokan sebagai tempat pengabdian, saya juga berterima kasih atas suguhan acara yang luar biasa, juga mengapresiasi atas sumbangan sumbangan pemikiran oleh adik adik sebagai bentuk kekhawatiran akan pudarnya budaya di lingkungan sekitar” ujar Ki Sholeh Adi Pramono, pengurus Padhepokan Seni Mangun Dharma saat pembukaan Communication Art Festival.

sehingga, dengan terselenggaranya communication art festival yang bertempat di Padhepokan Seni Mangun Dharma kami berharap generasi muda mulai tersadarkan akan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya jawa timur terlebih budaya malangan, mengingat peran geerasi muda sebagai agen of change.