Lebih dari 120 mahasiswa baru Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Malang (UM) dengan penuh semangat mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat prodi tahun 2023. Kegiatan PKKMB ini merupakan momen tahunan yang diadakan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Kegiatan berlangsung pada Jumat, 25 Agustus 2023 secara tatap muka di Aula Ki Hajar Dewantara, Lantai 7, FIS UM.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dan pembukaan oleh Ketua Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UM, Ananda Dwitha Yuniar, S.I.Kom, M.A. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa meskipun Program Studi Ilmu Komunikasi adalah program baru, mahasiswa harus memiliki jiwa kompetitif yang tinggi, mampu mengekspresikan diri dalam hal-hal positif, dan selalu dinamis menghadapi perubahan. Beliau sebagai Ketua Prodi juga mengingatkan akan pentingnya aktif berpartisipasi bagi mahasiswa baru, baik dalam hal akademik maupun di luar akademik. Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan dosen dan staf ilmu komunikasi. 

Materi pertama yang disampaikan adalah himpunan keorganisasian yang ada di lingkup prodi ilmu komunikasi. Materi ini disampaikan langsung oleh Fikri Arrahman, selaku Ketua Himpunan Program Studi Ilmu Komunikasi dan didampingi oleh Shofwah Hilyatul Auliya, Ketua Divisi PSDM. Dalam materi ini mahasiswa baru dijelaskan mengenai berbagai topik seputar keorganisasian seperti struktur, visi misi, program kerja, proses perekrutan, dan berbagai topik lainnya.

Beralih ke materi berikutnya, peserta diperkenalkan dengan kurikulum yang akan mereka jalani selama perkuliahan di Program Studi Ilmu Komunikasi UM. Materi ini disampaikan oleh Ananda Dwitha Yuniar, S.I.Kom, M.A dan Megasari Noer Fatanti, S.I.Kom, M.I.Kom, dua dosen di program ini. Pada materi ini mahasiswa baru diberi penjelasan rinci mengenai mata kuliah apa saja yang akan mereka ambil hingga selesai nanti.

Dalam upaya mendukung pengalaman perkuliahan, peserta juga diberikan informasi tentang kegiatan kemahasiswaan yang dapat mereka ikuti, seperti lomba, pengabdian masyarakat, pelatihan, dan lainnya. Materi ini disampaikan oleh Kun Sila Ananda, S.I.Kom., M.A. dan Prawinda Putri Anzari, S.I.Kom., M.Si. Harapannya, materi ini akan membantu mahasiswa untuk berprestasi tidak hanya dalam akademik, tetapi juga dalam berbagai kegiatan lainnya.

Selanjutnya, mahasiswa baru diperkenalkan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Materi ini sangat penting bagi mahasiswa baru untuk mengenal berbagai kegiatan MBKM yang dapat diikuti. Dr. Akhirul Aminulloh, S.Sos., M.Si sebagai pemateri menjelaskan berbagai kegiatan yang bisa diikuti melalui program ini, seperti IISMA, Pertukaran Pelajar, MSIB, dan lainnya.

Pada materi akhir, peserta diberikan penjelasan singkat tentang beberapa aplikasi yang akan memfasilitasi proses perkuliahan di UM. Pemaparan ini dilakukan oleh Prawinda Putri Anzari, S.I.Kom., M.Si., mencakup tata cara penggunaan, keguanan, dan informasi tambahan terkait aplikasi seperti SIPEJAR, SIAKAD, dan beberapa lainnya.

Selama kegiatan berlangsung, peserta diberi kesempatan untuk bertanya dalam setiap sesi materi. Selain itu, di tengah acara, peserta juga diajak bermain berbagai permainan seru untuk menjaga semangat dan menghilangkan kejenuhan.

PKKMB Ilmu Komunikasi 2023 mencatat antusiasme yang tinggi dari para dosen, staf, panitia, dan tentunya peserta. Harapannya dengan adanya kegiatan ini mahasiswa baru menjadi lebih siap menjalani perkuliahan dengan lebih semangat. (ISM)