Tim dosen prodi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Oktober 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di desa Lumbang Kabupaten Pasuruan ini berfokus pada sosialiasi tentang peningkatan kesadaran pernikahan dini.

Tim pengabdian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 3 Dosen, yaitu Ananda Dwitha Yuniar sebagai koordinator, Kunsila Ananda & Prawinda Putri sebagai tim researcher, serta 5 Mahasiswa yang turut serta membantu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bagi generasi muda atas dampak dari pernikahan dini yang terjadi dalam perspektif akademis, sosiokultural, psikologis, dan ekonomi. Dan selain itu juga ingin membangun kepercayaan pada generasi muda untuk merdeka dalam menentukan pilihan hidupnya

Acara sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Desa Lumbang ini dihadiri oleh 22 warga. Tak hanya memberikan edukasi mengenai pentingnya kesadaran pernikahan dini dan dampaknya, bentuan berupa sembako juga disalurkan kepada warga desa Lumbang pada acara sosialisasi ini

Kebanyakan penyintas pernikahan dini di desa Lumbang disebabkan oleh pergaulan bebas dan tradisi masyarakat desa yang terbentuk dari tradisi warisan. Tradisi ini sangat merugikan (terutama perempuan) yang belum menikah di usia 14-16 tahun akan dianggap masyarakat ‘tidak laku’. Konstruksi ini yang kemudian membuat perempuan di desa ini mengalami kesenjangan literasi dan Pendidikan.

Dengan kegiatan pengabdian ini, tim dosen Ilmu Komunikasi UM menegaskan komitmennya untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat Desa Lumbang mengenai pernikahan dini, serta merangsang pemikiran kritis terhadap tradisi yang merugikan tersebut.