Anak muda kerap kali disebut sebagai agent of change dan mahasiswa yang tergabung dalam komunitas ini ingin menjawab tantangan tersebut. Berawal dari ide yang muncul saat diskusi kelompok di kelas, hingga melahirkan ide untuk membangun komunitas karena sadar serta melihat ketimpangan kondisi yang ada di Indonesia, dan menempatkan negara ini di posisi kedua penyumbang sampah makanan terbanyak di dunia. Tak hanya itu, Indonesia juga menempati posisi angka kelaparan tertinggi di ASEAN dan Kota Malang juga ikut terdampak akan hal ini.

Secukupnya Malang menjadi langkah awal dalam membangun kesadaran masyarakat untuk mengurangi dampak makanan yang berlebih dan berbagi kebaikan dengan masyarakat yang membutuhkan di Kota Malang. Program dari komunitas ini berdasar pada program Food Bank yang fokus utamanya yakni, penjemputan makanan (food rescue), persiapan makanan (food preparation), dan distribusi. Selain itu komunitas Secukupnya Malang juga memanfaatkan maggot untuk dibudidayakan guna menghasilkan pupuk organik yang berkualitas. Komunitas ini bekerja sama dengan hotel, industri makanan, warung, dan toko kue sebagai penyumbang makanan dalam kegiatan Secukupnya Malang. Hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi tim karena melihat adanya kesadaran dan kepedulian dari pihak pihak terkait mengenai food waste dan food lose.

Rabu, 29 November 2023, Tim Secukupnya melakukan aksi sosial setelah melakukan food rescue dan menyiapkan makanan, kemudian turun ke jalan di sekitar Jalan Kendalsari. Makanan yang dibagikan adalah makanan berlebih dan masih layak untuk dikonsumsi yang Tim Secukupnya terima dari beberapa mitra, dari makanan tersebut kemudian di pilih makanan apa saja yang masih layak, lalu di pindahkan kedalam kemasan yang baru. Setelah makanan sudah bisa dipastikan layak konsumsi dan dikemas dengan rapi, Tim Secukupnya membagikan kepada masyarakat di sekitar Jalan Kendalsari. Melihat senyum mereka yang merekah, menjadikan tim dari komunitas ini makin semangat untuk gencar menyuarakan aksi Secukupnya. Harapannya semoga makin banyak pihak yang ingin bermitra dengan Secukupnya Malang dan semoga dengan aksi ini mampu mengurangi food waste dan food lose yang ada di Kota Malang.